sales bang…!!!

SCENE 1, Location: Warnet G*****i depan Terminal Landungsari
saia : mbak, di sini bole titip minuman gak?
operator : waduh gak boleh mbak!!!
saia : (masi ngeyel) ah masa si mbak? kulkas-nya banyak yang kosong gitu loh…
operator : tapi itu kulkas khusus buat Coca Cola mbak…
saia : (eS-We-Te)

SCENE 2, Location: Warteg
saia : buk buk, di sini bisa titip jual minuman gak??
Ibu : (ekspresi ketakutan) wah gak bisa mbak!!! jangaaannn!!! hentikaaaannnn!!! (dua kata terakhir hanya direkayasa =p)
saia : (ngaciiiiiiiiiiiiirrrrrrrrrr)

SCENE 3, Location: Warung Meme di Rambaan
saia : pak, maaf…mau titip minuman bisa gak?
Bapak : hmm, minuman yang kayak apa ya?
saia : itu loh pak…yang kayak frutang ma ale-ale gitu…tapi rasanya macem2
Bapak : (sambil menunjuk ke kulkas) waduh di sini uda banyak e mbak…liat aja itu sampe gak muat kulkasnya…
saia : (nyaris putus asa) tapi ini lebi enak loh pak…lebi murah juga!!!
Bapak : iya mbak tapi saya uda ada banyak e…nanti takutnya gak ada yang beli
saia : (tertunduk lesu) oh yaudah wes…makasi ya paaaakk

SCENE 4, Location: Warung Mie Ayam Jamur di Pasar Landungsari
saia : pak permisi…bole nitip jual minuman gak…?
Bapak : oh, minuman yang kayak apa ya mbak?
saia : (melihat secercah harapan, buru2 ngangkut sekerdus minum dari motor) ini pak…kayak ale-ale gitu, tapi rasa jambu
Bapak : ooohhh (bingung mau ngomong apa)
saia : (kesempatan!!!) enak kok pak…murah lagi… saia belinya 500 pak, bapa tersera mau jual 800 atau 1000…
Bapak : ini nanti mbak ngambilnya kapan?
saia : mmm, mungkin 2 mingguan gitu pak…
Bapak : lha kalo gak laku gimana?
saia : (jdhieennggg) ya nanti yang gak laku saya ambil lagi pak…gapapa ga usa dibeli, bapak ambil yang laku aja…
Bapak : ohh gitu… (ngawang2, antara bingung dan sungkan nolak) ya udah deh mbak. taruh sini aja minumnya…
saia : oh iya pak…(kreeekkk!! merobek selotip kardus pake ujung kontak motor dan mulai menata minuman di atas meja. )
*horeeeeeeeee akhirnya….* (bersorak lemah dalam hati)

yep, begitulah sedikit cuplikan saia waktu jualan tadi pagi. aaaahhhh lelahna jadi salesman…!!!! udah ke-2 kalinya muterin toko2 se-Landungsari buat nitip minuman…sejak pak jimmy nglarang qt jualan mamin di lingkungan kampus…aihhh

di luar kelompok entrepreneurship saia yang naudzubillah gak niatnya, saia berupaya bergerak sendiri. emang klo nunggu yang lain kompak gak bakal maju2…omzet-e selak mbukik jengg…jadila saia mencoba mengambil langkah sendiri…
sampe saat ni ada 48 ribu modal yang belom balik, buat beli 4 kardus minuman. smua minumna uda dititipin ke toko, tapi yah itu tadi…seperti kata Pak Daniel…jualan itu sulit…tapi NAGIH UTANG lebih SULIT lagi…klo maw sukses berbisnis maka kita tidak hanya harus pandai MENJUAL tapi juga pandai MENAGIH…cucok deu paaakkk -_-

sbetulna pingin sih serius mencoba bisnis sendiri. seperti yang telah dilakukan teman SMA saia Yuko baru2 ini, dia buka usaha bikin kaos keren dengan desain orisinil…scara emang desain grafis ability-ni ruaaaarrrrr byasahhhhhh!!! tapi…saia orangna terlalu strict kali yah? klo bisnis pengin-na suka ma produkna. dan di dunia ini gak ada yang lebih saia suka untuk di-bisnis-in slain BERITA. yep, BISNIS MEDIA adalah satu2na tujuanku!!!!! kalaupun harus berbisnis saia gak ingin memproduksi apapun slain KORAN, MAJALAH, TIPI, dkk!! coz basicly I’m a journalist. and always wanna be. gak mungkin lah saia tahan jadi sales obat ketek, misalna. idiiihhh byar dikasi bonus Mercedes juga OGAH.

tapi bagaimanapun…saia harus BELAJAR…harus punya NILAI LEBIH…an entrepreneur journalist…that’s what I wanna be…amiiinnn!!!

One thought on “sales bang…!!!

  • November 18, 2008 at 12:45 pm
    Permalink

    Bravo,Umy. Good effort of selling. Wipe away the sweat, and kiss the smell of the profit (asal laku dan pinter nagihnya, ha ha ha)

    Patrisius

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *