God and Religion

Agama Aplikatif

Indonesia memang negeri yang ironis. Negara yang mencantumkan agama dalam KTP, tapi kelakukan penduduknya sama sekali nggak agamis. Negara yang lengkap jenis agama dan kepercayaannya, tapi lengkap juga jenis kejahatan dan kriminalitas penduduknya. Di sisi lain, banyak negara sekuler yang moralitasnya jauh lebih baik. Nah lho, ngapain beragama coba? Sebenarnya agama dibuat untuk membimbing manusia …

Continue Reading
Life's Diary

Kepompong

Hubungan dengan orang lain itu seperti kepompong, mengubah ulat menjadi kupu-kupu. That’s very true. Kami seperti ulat yang ditempa hidup dalam kepompong selama 2,5 tahun, dan sekarang bersiap keluar, terbang bebas menjadi kupu-kupu yang cantik. Dulu kami bukan siapa-siapa. Cuma mahasiswa baru yang culun dan kekanak-kanakan, mencari tantangan dan kesenangan. Cuma ulat yang mencari daun …

Continue Reading
God and Religion Life's Diary

Dian Pelangi

Umurnya lebih muda dari saya, lahir Januari 1991. Tapi dalam usia belia, dia sudah mencapai apa yang orang seusia dia baru bisa memimpikannya. Dia sudah memimpin bisnisnya sendiri, diundang dalam ajang internasional, traveling keliling dunia, dan bahkan dia sudah menikah dengan laki-laki idamannya. Dia perempuan paling beruntung yang pernah saya tahu. And she is a …

Continue Reading
Life's Diary

Orang Ketiga

Jika manusia diciptakan berpasang-pasangan, kenapa sering ada orang ketiga muncul di antara sepasang insan? Selingkuh bukan hal yang aneh. Seperti ulat bulu yang cukup sering kita jumpai sehari-hari, tapi kalau kita yang tergigit, rasanya masih sakit juga. Waktu kecil, selingkuh rasanya seperti perbuatan dosa besar yang sangat hina. Well, sampai sekarang juga begitu sih. Tapi …

Continue Reading
Life's Diary

Someone Like You

Semaleman ndengerin lagunya Adele yang satu itu, sampe sekarang masih terngiang-ngiang di kepala. Habisnya dia nyanyinya menghayati banget, kayak mau nangis beneran gitu. Jadi kebayang, seandainya kita ada di posisi dia, rasanya gimana ya? Kamu tau, mencintai orang itu gampang, tapi melupakannya lebih sulit. Apalagi kalo kita udah lama bersama dengan seseorang dan berbagi hampir …

Continue Reading
Uncategorized

Smart Mom, Smart Generation

Ada yang bilang bahwa kecerdasan anak menurun dari ibunya. Ternyata secara genetis, memang kecerdasan anak ditentukan oleh kromosom X, yang diwariskan oleh ibu (khususnya pada anak laki2). Kunci peran Ibu dalam pembentukan kecerdasan zigot ada di mitokondria, yang disumbang oleh sel telur. Berita lengkapnya bisa dibaca di sini. Namun, lepas dari faktor genetika (nature), faktor …

Continue Reading
Life's Diary

Gizimu, Hidupmu

Hari Sabtu yang lalu (29/10/2011) ada konsultasi gizi gratis di Matos, yang ngadain himpunan mahasiswa Gizi Univ. Brawijaya. Well, as you can see, that picture above is the result of my body test. Ternyata, ada beberapa fakta penting yang saya baru tau, apalagi karena baru kali ini saya melakukan pemeriksaan semacam ini…biasanya sih nggak terlalu …

Continue Reading