Barack Obama, President of the World

Baca pidato kemenangan Barack Obama setelah menjadi presiden AS, bikin sedikit terharu… (Teman2 yang belum tahu pidato Obama bisa baca, sudah saya sertakan di attachment, versi asli dan terjemahan sekaligus. Pahami dan hayati, Teman. Teman akan merasakan betapa dahsyatnya kharisma seorang Obama, sungguh)

Jujur, Obama membuat Amerika terlihat sedikit lebih ramah dan menyenangkan. Seolah2, dalam diri Obama seluruh dunia bersatu: dari Kenya sampai Hawaii, dari Irlandia sampai Indonesia. Pernahkah ada presiden negara adidaya yang punya latar belakang campur2 seperti dia? Belum pernah. Hanya Obama.

Seluruh dunia tertarik pada Obama. Kenapa? Coz he’s simply different. Obama BERBEDA dan berani MEMBUAT PERBEDAAN. See? Gak ada alasan untuk takut hanya karena kita berbeda. selama kita punya kemampuan dan kemauan, selalu ada yang bisa kita lakukan.

Obama membuktikan dengan sangat amat nyata, bahwa bukan zamannya lagi kesuksesan seseorang ditentukan dari warna kulit, etnis, ras, bentuk mata, bentuk rambut, dan semua perbedaan nggak penting yang menghalangi perdamaian dunia. Baru kali ini Amerika benar2 kelihatan sebagai negara demokrasi setelah sekian lama menindas negara lain atas nama kebebasan. this is the truly democration. Ketika orang2 bisa meraih apa yang seharusnya mereka raih, tanpa perlu khawatir akan apa yang sudah Tuhan berikan kepada mereka.

Teman2 bisa membayangkan ketika orang yang 3 abad lalu menjadi budak, tidak punya hak pilih, tinggal di kawasan kumuh sekarang BERDIRI sebagai PRESIDEN. ini sejarah, Teman. Sejarah terbesar Amerika setelah berhasil mendaratkan manusia di bulan.

Indonesia…kapan yah bisa seperti ini? Mentang2 orang Jawa mayoritas, sampe sekarang gak ada presiden yang bukan orang Jawa. Indonesia itu plural, banget. Amerika kalah plural sama Indonesia. Tapi kenapa sih kita gak bisa bersikap dewasa dan memberi ruang gerak bagi orang lain yang berpotensi? Kenapa sih kita gak bisa berpikir objektif and not judge people physicly by their appearance? Kenapa sih kita masih suka ribut2 dengan isu2 rasis berbau SARA alih2 memajukan pendidikan bangsa, misalnya?

Teman2 tahu pidato legendaris tokoh kulit hitam AS Martin Luther King, “I have a dream” ?
Coba baca sebentar…

“Saya punya mimpi bahwa suatu hari bangsa ini akan bangkit dan hidup sesuai dengan kredonya bahwa setiap orang memiliki hak yang sama.”Saya punya mimpi bahwa empat anak saya suatu saat akan hidup dalam sebuah negara di mana dia tidak lagi dilihat dari warna kulitnya, tapi dari sikap tindak perbuatannya.”Saya punya mimpi bahwa suatu saat di bukit Georgia ini anak-anak para budak dan anak-anak pemilik budak akan bisa duduk bersama di meja persaudaraan.”Inilah harapan kita. Saatnya kita mengakhiri ketidakadilan rasial dan menuju kepada persaudaraan yang kokoh. “Kita harus mempercepat terwujudnya impian itu di mana seluruh anak-anak Tuhan: kulit hitam dan kulit putih, Yahudi dan Muslim, Protestan dan Khatolik, bisa bergandeng tangan dan bernyanyi seperti hymne spritual Negro: Bebas! Akhirnya Bebas!”

King mengumandangkan pidato itu pada 1963. Dan sekarang, 45 tahun kemudian, mimpinya itu telah terwujud.

Amerika baru saja memilih presiden untuk seluruh dunia. Barack Obama, President of the World. Dia memang tidak sempurna, tapi semoga dunia akan lebih damai dengan seorang multikulturalis memegang pucuk kepemimpinan negara adikuasa. Yes, we can!

new world…

aduuu lagi2 postingan-ku ini ilanggggggggg!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
sbeeeellllll!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
DASAR BLOGSPOT SRINK EROORRR!!!!!

fyuuhhh…
untung aja ni cuman blog cadangan…
byarpun tulisan2na pada ilang mendadak, seenggakna cuman tulisan yang acak-adut lah. aduuu jadi males curhat di blogspot, abis curhat tau2 kehapus….payah
wordpress emang paling keren!!!!!!